//
Ilmu Perpustakaan

Pernahkah Anda mendengar Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Anda pasti sudah pernah mendengar yang namanya perpustakaan dan bahkan berkunjung ke perpustakaan, tapi tahukah anda dengan Ilmu Perpustakaan? Hmm,. pasti tidak banyak yang tahu, atau mungkin sebagian dari kita baru tahu ada kuliah jurusan ilmu perpustakaan setelah membaca tulisan ini.

Banyak orang beranggapan bahwa perpustakaan bukanlah suatu ilmu karena dianggap tidak mempunyai dasar epistimologi dan akar keilmuan yang kuat. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan kenyataan. Ilmu perpustakaan adalah ilmu yang universal dan multidisipliner sehingga bisa bersimbiosis dengan ilmu apa saja layaknya ilmu komputer.  Karena sifatnya yang universal ini, ilmu perpustakaan bisa dijadikan pengembangan ilmu-ilmu yang sudah terlebih dahulu ada tanpa harus kehilangan inti dari ilmu perpustakaan itu sendiri yaitu, pengadaan, pengelolaan, pelayanan, penemuan kembali dan penyebaran informasi serta pengembangan perpustakaan.

Ilmu Perpustakaan adalah suatu kajian ilmu yang menjadikan perpustakaan sebagai objek kajianya, mulai dari kegiatan teknis perpustakaan, manajemen perpustakaan dan aplikasi TI di perpustakaan untuk menyebarkan informasi yang optimal. Perpustakaan tidak sekedar gudang buku, perpustakaan adalah pusat informasi. Karena perpustakaan sangat erat kaitanya dengan informasi dan teknologi informasi & komunikasi, pada beberapa perguruan tinggi nama program studinya adalah Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ilmu perpustakaan antara lain:

–       Universitas Indonesia, Jakarta

–       Universitas Diponegoro, Semarang

–       Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

–       Universitas Sumatera Utara, Medan

–       UIN Sunan Kalijogo, Jogjakarta

–       Universitas Negeri Malang

–       Universitas Padjadjaran, Bandung

–       Universitas Airlangga, Surabaya

–       Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya

–       Unversitas Lancang Kuning, Pekanbaru

–       Universitas Sam Ratulangi, Manado

–       Universitas Hasanuddin, Makassar

–       Universita Sebelas Maret, Solo

–       Universitas Terbuka

* Kalau ada yang belum tercantum bisa ditambahkan di kolom komentar, nanti saya tambahkan.

Apa yang dipelajari di Ilmu Perpustakaan?

Kuliah Ilmu perpustakaan  tidak semata-mata mempelajari buku. Disini kita didesain untuk menjadi seorang yang mampu mengelola informasi, baik informasi cetak maupun noncetak dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Ilmu perpustakaan bertujuan untuk mempersiapkan tenaga ahli perpustakaan dan informasi yang siap memenuhi tuntutan dunia kerja serta mampu bertindak sebagai manajer untuk mengelola perpustakan, pusat informasi, pusat dokumentasi dan depo arsip dengan konsep manajemen modern. Untuk itu banyak yang dipelajari di ilmu perpustakaan baik yang bersifat teknis maupun yang pengembangan dari ilmu perpustakaan. Mata kuliah jurusan ilmu perpustakaan antara lain:

–       Klasifikasi

–       Katalogisasi

–       Komunikasi Informasi

–       Bibliografi

–       Ilmu Dokumentasi

–       Etika Profesi

–       Filsafat

–       Kearsipan

–       Metodologi Penelitian Pusdokinfo

–       Manajemen Perpustakaan

–       Manajemen Terbitan Berseri

–       Manajemen Koleksi

–       Pengantar Ilmu Perpustakaan

–       Pengantar Ilmu Informasi

–       Kerjasama Perpustakaan

–       Temu Kembali Informasi

–       Preservasi dan Konservasi

–       Kemas Ulang Informasi

–       English for Librarian

Dunia perpustakaan sudah tidak lagi fokus pada konsep perpustakaan konvensional. Perpustakaan zaman sekarang sudah jauh berkembang dengan adanya teknologi informasi. Untuk itu ada mata kuliah sbb:

–       Teknologi Informasi

–       Aplikasi Teknologi Informasi

–       Temu Kembali Informasi Elektronik

–       Computer Operating System (DOS, Windows, Linux)

–       Linux Operating System

–       Aplikasi Database

–       Automasi Pusdokinfo

–       Manajemen Sistem Informasi

–       Perencanaan dan Desain Perpustakaan

–       Sistem Jaringan

–       Desain Web

–       Multimedia

Selain mata kuliah tersebut, ada juga mata kuliah umum yang diberikan di jurusan ilmu perpustakaan, antara lain:

–       Pendidikan Pancasila

–       Pendidikan Kewarganegaraan

–       Pendidikan Agama

–       Ilmu Alam Dasar

–       Bahasa Indonesia

–       Bahasa Inggris

–       Statistik

–       Psikologi

–       Hubungan Masyarakat

Mau jadi apa kuliah ilmu perpustakaan?

Kuliah Ilmu Perpustakaan tak sekedar mempelajari buku, begitupun lulusan ilmu perpustakaan. Lulusan ilmu perpustakaan tidak didesain untuk menjadi seorang penjaga buku-buku tua, berdebu, diruang sepi dengan muka yang “angker”. Kalau anda masih berfikiran seperti itu, sudah saatnya Anda buang jauh-jauh pikiran yang demikian itu. Seorang lulusan ilmu perpustakaan diharapkan mempunyai kompetensi sebagai manajer informasi. Di era informasi ini ledakan informasi semakin besar, oleh karena itu dibutuhkan pengelola yang  memiliki pengetahuan dan kemampuan khusus di bidang ilmu perpustakaan dan  informasi dan itulah pustakawan.

Peluang kerja lulusan ilmu perpustakaan terbuka lebar dengan disahkanya Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan. Pengesahan Undang – undang No. 43 Tahun 2007 itu menunjukan meningkatnya perhatian pemerintah terhadap sektor manajemen informasi. Sampai saat ini masih ada ribuan perpustakaan sekolah, perpustakaan umum, perpustakaan khusus (instansi) dan perpustakaan perguruan tinggi yang belum memiliki pengelola dengan pendidikan formal ilmu perpustakaan, khusunya yang berkualifikasi S1.  Selain jadi pustakawan lulusan ilmu perpustakaan bisa juga menjadi arsiparis atau apes-apesnya jadi juragan percetakan, ingat kita dapat mata kuliah preservasi & konservasi dan terbitan buku juga.

Apa cukup sampai disitu? Tentu saja tidak. Itu tadi yang berhubungan perpustakaan dan arsip, padahal kita dapat matakuliah yang sarat dengan teknologi informasi. Berbekal ilmu teknologi informasi yang matang kita bisa bekerja sebagai programer, web designer, ataupun pengelola database. Dalam mengelola database, lulusan ilmu perpustakaan mempunyai nilai plus tersendiri. Hal ini karena ia lebih mampu dalam mengindeks dokumen-dokumen yang ada, dengan pengindeksan yang bagus proses temu kembali informasi akan lebih mudah dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Terus bagi yang ingin tetap bekerja di bidang perpustakaan bagaimana? Masak ilmu teknologi dan informasinya diangurkan? Tentu saja tidak. Sekarang udah jaman teknologi, begitupun perpustakaan. Banyak perpustakaan yang sudah terautomasi dengan menerapkan teknologi informasi di perpustakaan. Dan hebatnya lagi hampir setiap perpustakaan mengembangkan perpustakaan digital khususnya perpustakaan perguruan tinggi atau perpustakaan yang dikelola pemerintah.

Ada lagi nilai plus kuliah ilmu perpustakaan, Anda dapat menyebarkan berbagai ilmu kepada semua orang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sungguh mulia bukan? Dan satu hal lagi, Anda punya peluang besar untuk mengembangkan diri karena Anda akan selalu berinteraksi dengan begitu banyak informasi. Lulusan program studi S1 Ilmu Perpustakaan juga berpeluang untuk melanjutkan ke jenjang S2, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Kalau menurut Anda ini sebuah peluang, maka jadilah Anda orang yang pandai memanfaatkan peluang.

Saya disini tidak bermaksud untuk mempromosikan Jurusan Ilmu Perpustakaan di salah satu perguruan tinggi. Saya hanya ingin memberikan gambaran mengenai dunia perpustakaan dan ilmu perpustakaan khususnya untuk pembaca yang ingin memilih jurusan kuliah. Bagi Anda yang belum mempunyai pilihan, jurusan ilmu perpustakaan sangat direkomendasikan, dan bagi Anda yang sudah mempunyai pilihan lain, Anda bisa mempertimbangkan lagi jurusan ini. Dan bagi Anda yang merasa “nyasar” kuliah ilmu perpustakaan jangan takut, Anda tersasar di jalan yang benar. Dimanapun kuliahnya yang penting, SOLID! [Science of Library and Information Departement].


Discussion

32 thoughts on “Ilmu Perpustakaan

  1. nice article.
    like this. tingkatkan mas bro

    Posted by shofwan yusuf | August 22, 2011, 21:19
  2. matur nuwun.
    pinginya gitu om.
    tapi seringnya kalah sama yang lain.
    (lha bwt tugas kul aja ngandalin “power of kepepet”
    he..,

    Posted by jejeffri.. | October 18, 2011, 11:52
  3. itu ilmu yg cocok dengan saya, kebetulan saya seorang yang memegangperpustakaan diperguruan tinggi, mungkin ini jalan yang bgus untuk mengembangkan perpustakaan di sini. kebetulan saya cuma lulusan SMK yg jurusannya ADM.PERKANTORAN atau nama dulunya SEKRETARIS. ilmu ini memang banyak kaitannya dengan ilmu yang saya pelajari di smk dulu, saya baru tamat tahun 2010. semoga saja saya bisa belajar ilmu perpustakaan demi menunjang masa depan karir yang dipegang saya ini… mohohon do’a dan dukungannya saja,,,,

    Posted by taufiq hidayat | January 2, 2012, 22:19
    • terimakasih atas kunjunganya.
      sebenarnya istilah “cuma” tidak seharusnya digunakan karena hanya menimbulkan kesan bahwa kita kecil dan minder. yang harus kita usahakan adalah memaksimalkan apa yang kita punya agar bermanfaat untuk orang lain, salah satunya melalui perpustakaan. mumpung masih muda dan bersemangat, ada baiknya segera mengambil pendidikan formal ilmu perpustakaan. di Undip sendiri peminatnya selalu meningkat sejak awal berdiri, 2006.

      ilmu perpustakaan dan perpustakaan menunggu Anda.

      Posted by jejeffri.. | January 3, 2012, 11:04
  4. Makasi banget ulasannya,,,sangat memotivasi saya jadi punya segudang alasan untuk menjawab pertanyaan2 yang merendahkan tentang jur Ilmu Perpustakaan

    Posted by butet | April 24, 2012, 22:28
    • Merendahkan? Ehm, nampaknya mereka harus segera disadarkan, he..
      Apapun kata mereka, yang penting kita tetap optimis. 24 – 26 Maret 2012 kemarin saya mengikuti Rakernas Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) di Jogja dan saya semakin optimis dengan Ilmu Perpustakaan, dan mudah-mudahan Mas Butet juga tetap optimis dan semakin optimis.

      Posted by jejeffri.. | April 25, 2012, 14:55
  5. Wah kabar gembira lagi nic..,
    Oya sekedar ralat saya perempuan hehe

    Posted by butet | April 25, 2012, 19:37
    • Iya, memang seharusnya kita optimis dan bangga dengan Ilmu Perpustakaan.
      Wah maaf, namanya blm mencerminkan JK sih. Selamat Hari Kartini aja dch..
      hehe..
      — udah tanggal berapa pula sekarang —

      Posted by jejeffri.. | April 25, 2012, 20:52
  6. Oke….tulisan tulisan lainnya saya tunggu terutama info2 untuk mahasiswa baru dong

    Posted by butet | April 26, 2012, 11:47
  7. wah.. oke bgt motivasiny.. buat q mkn mantep ambil jrsn perpus, o ya q tny jg,pa ambil jrsn prps bs jd PNS?trims..

    Posted by shofie | May 26, 2012, 19:26
    • Terimakasih sudah mampir ke coretan lamaku ini.
      Daftar jurusan ilmu perpustakaan juga?
      PNS..? Bisa banget. Dan kalo melihat yang dipelajari di ilpus, peluang yang lain juga masih terbuka kok. Barangkali Mbak Sofie berminat menggantikan kepala2 pepustakaan yang S.H. , S.E. , M.M. yang saat ini masih merajalela? Monggo disiapkan dirinya melalui ilpus.

      Posted by jejeffri.. | May 27, 2012, 07:51
  8. q msh bngung dgan jurusan ni. krana q tak memiliki basik komputer apa kata nanti klau q g bsa komputer…….. mhon tanggapanx…………..

    Posted by agus | July 26, 2012, 10:00
  9. mas bro, kalau Dari D2 perpustakaan universitas terbuka kira kira untuk mencapai S1 harus lewat mana nih. ke D3 dulu baru ke S1? atau bisa langsung dari D2 ke S1. nah univ mana yang menerima transferan dari D2… UNS nerima gak ya. trmksh bnayakkkkk

    Posted by okta | August 27, 2012, 07:57
    • Cara jelas2 bs dg mengulang dr awal seperti adik kelas saya. Ya emang makan waktu n biaya lebih. Sampai saat ini saya belum dpt info PT mana yg menerima transfer dr D II, termasuk UNS.
      Oya, saya skrng di jejeffri.blogspot.com ini td kebetulan aja buka ini.🙂

      Posted by jejeffri.. | August 30, 2012, 07:44
  10. UIN ALAUDDIN MAKASSAR juga termasuk perguruan tinggi yang membuka jurusan S1 ILMU PERPUSTAKAAN bahkan menjadi jurusan yang sangat diminati oleh para MABA 2012, jurusan ILMU PERPUSTAKAAN menjadi jurusan yang paling banyak MAHASISWA BARUnya angk. 2012/2013 di FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA… dan setau saya di UNHAS Sudah menutup jurusan ILMU PERPUSTAKAAN. terima kasih

    Posted by saiful anwar | November 26, 2012, 10:25
  11. Wah tlisan ni bner2 memotivasi saya. .
    Q siswi SMK yg bru mau lulus thn 2013,pngen.nya sih kuliah tp bngung mau ambil jrusan apa. .spertinya jrusan ilmu perpustakaan menarik juga..
    Tp bgaimana dgn peminatnya utk skrg..apkh sdh tinggi/blm?

    Posted by Titis | December 27, 2012, 19:13
  12. ilmu perpustakaan – universitas brawijaya (y)
    #semoga

    Posted by imro | January 19, 2013, 18:27
  13. smngat!!!

    Posted by gowok saputra | June 28, 2013, 19:34
  14. 1.prodi ilmu perpustakaan itu,prospek kerja kedepan nya menjadi apa?
    2. S1 ilmu perpustakaan itu ada di UPI atau di UNPAD

    Posted by ineu | September 3, 2013, 11:09
  15. gelar ilmu perpustakaan itu apa?

    Posted by ineu | September 3, 2013, 11:12
  16. PTN negeri mana cie yang bisa buat lanjutin S1 dari D2 ILMU PERPUSTAKAAN?

    Posted by willy nurindah sari | December 27, 2013, 17:20
  17. anak ipa lewat jalur bidik misi bisa gak ambil jurusan perpustakaan ?

    Posted by SRI HARTUTIK | January 23, 2014, 20:11
  18. ilmu perpustakaan bagus,semangat bagi smua dan bukan sembarang orang yang memang fokus ke ilmu perpustakaan, karena seorang peneliti sekalipun butuh pustakawan, apalagi di luar negri mereka sangat amat dihormati dengan keahlian sebagai pustakawan.

    Posted by anonim | March 14, 2014, 20:04
  19. saya adalah pustakawan, bener beget tu kata kak jefri saya lulus s1 juga langsung dapat keja diperpustakan bahkan peluang kerja perpustakan luas lho ,saya tidak diperpustakaan daerah atau provinsi saya lebih suka diperpustakan sekolah dasar,untuk menerapkan budaya membaca sejak dini dan pengembangan minat baca biar kelak anak-anak yang masih disekolah dasar mencintai bahan pustaka baik bahan pustaka buku ataupun non buku

    by:widya

    Posted by widya n | March 31, 2014, 17:33
  20. Infonya bagus dan bermanfaat

    Posted by RINA | June 25, 2014, 22:59
  21. Oya mas mau tanya, kira” anak smk jurusan teknik. .ada kemungkinan diterima ga yaa di jurusan perpustakaan lewat sbmptn? Tp saya minat sekali masuk itu. Trmksh

    Posted by RINA | June 25, 2014, 23:05
  22. pengembangan karier dari jurusan ilpus ini apa ya kak? masih luas ngga sih macem-macem profesinya?

    Posted by ayuaaini | June 26, 2014, 23:29
  23. tolong berikan,, judul2 mata kuliah untuk s1 perpustakaan,, karena saya ini tamatan d2 perpustakaan????

    Posted by rahmimerzelly | July 16, 2014, 10:41
  24. Klo S2 ilmu perpustakaan cuma bsa jadi arsiparis aja? Atw juragan percetakan?

    Posted by Nunu | November 18, 2014, 00:48
  25. Mksih info ny …
    Sya mahasiswa bru ..
    Tlisan ni mmbri semangt bwt sy..
    Thnks kk

    Posted by Taksiah Sztgld | February 17, 2015, 12:55

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alamat Baru jejeffri

Jefri Eko Cahyono

Aku adalah aku.
Bukan dia, bukan juga kamu,
dan inilah aku, "JEFRI".
Dengan segala keunikan q,
dan cueX is number one..!

Categories

Archieves

%d bloggers like this: