//
you're reading...
Perpustakaan, Teens

Klasifikasi DDC

Untuk menemukan sebuah buku di rak bagi mahasiswa ilmu perpustakaan atau seseorang yang bergelut di bidang perpustakaan tentunya tidaklah susah. Tetapi bagaimana dengan mereka yang berada di luar itu? Dan kalau Anda termasuk orang yang pernah mengalami kesulitan dalam menemukan buku yang Anda cari, semoga tidak akan terulang lagi setelah Anda membaca tulisan ini karena sebagian besar perpustakaan di Indonesia mengelompokan koleksinya berdasarkan sistem klasifikasi persepuluhan Dewey (DDC).

Klasifikasi Persepuluhan Dewey (Dewey Decimal Classification (DDC) adalah sebuah sistem klasifikasi perpustakaan yang diciptakan oleh Melvil Dewey (1851–1931) pada tahun 1876. Sejak diciptakan DDC telah banyak dimodifikasi dan dikembangkan dan telah mengalami 22 kali revisi (DDC Edisi 22). Lebih hebatnya lagi sekarang sudah ada e-DDC berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa maksud label yang ada di punggung buku perpustakaan. Pada label itulah terdapat nomor klasifikasi koleksi perpustakaan. Melalui nomor klasifikasi itu, kita dapat mengetahui penempatan koleksi di rak. Label itu terdiri dari nomor klasifikasi, tiga huruf indeks nama penulis dan satu huruf awal judul. Nomor klasifikasi ini paling sedikit tiga digit; setelah digit ketiga dipisahkan dengan tanda titik sebelum diteruskan angka berikutnya.

Misalnya buku berjudul Pemikiran para pakar ekonomi terkemuka dari Aristoteles hingga Keynes tulisan George Soule. Subjek buku tersebut adalah Ekonomi, Sejarah perkembangan.

330.9 : Economic Situation and Conditions/Situasi dan Kondisi Ekonomi

SOU : Diambil dari nama George Soule

p : Huruf awal judul buku, Pemikiran para pakar ekonomi terkemuka dari Aristoteles hingga Keynes

Dewey membagi ilmu pengetahuan dalam 10 kelas utama. Sepuluh kelas tersebut kemudian dibagi-bagi lagi menjadi subjek-subjek keilmuan yang lebih sempit.

Sepuluh kelas utama tersebut adalah:

  • 000 Karya umum
  • 100 Filsafat dan psikologi
  • 200 Agama
  • 300 Ilmu sosial
  • 400 Bahasa
  • 500 Sains dan matematika
  • 600 Teknologi
  • 700 Kesenian dan rekreasi
  • 800 Sastra
  • 900 Sejarah dan geografi

Sedangkan untuk kolesi pustaka Islam menggunakan notasi 2X yang merupakan pejabaran dari notasi 297 pada notasi DDC. Berikut adalah sepuluh kelas utamanya:

2 X 0 Islam (Umum)
2 X 1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
2 X 2 Hadis dan Ilmu Terkait
2 X 3 Aqaid dan Ilmu Kalam
2 X 4 Fiqh
2 X 5 Akhlak dan Tasawuf
2 X 6 Sosial dan Budaya
2 X 7 Filsafat da Perkembangannya
2 X 8 Aliran dan Sekte
2 X 9 Sejarah, Islam dan Modernisasi

Tentu hal ini tidak perlu dihafalkan karena di setiap perpustakaan pasti ada petunjuk-petunjuk semacam ini. Lebih mudahnya lagi sebelum sweeping di rak buku ada baiknya Anda menyempatkan diri sejenak menggunakan katalog yang ada. Untuk katalog cetak caranya seperti tadi, cari kartu katalog pengarang, judul atau subjek. Setelah ketemu lihat nomor klasifikasinya baru kemudian mencari di rak.

Kalau perpustakaan sudah menyediakan katalog digital Anda tentu akan lebih mudah lagi. Anda tinggal memasukan kata kunci pada kolom pencarian. Pada umumnya tersedia menu pencarian sederhana dan pencarian advanced, mau pakai yang mana terserah Anda, yang penting tidak akan menemui kesulitan dalam menemukan buku di rak perpustakaan.

About jejeffri..

Aku adalah orang kampung, yang petani kalau disawah, gelandangan kalau di jalan, pelancong kalau lagi bepergian, tapi dimanapun aku, aku tetep seorang pelajar. Yang mempelajari kerasnya hidup... e.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alamat Baru jejeffri

Jefri Eko Cahyono

Aku adalah aku.
Bukan dia, bukan juga kamu,
dan inilah aku, "JEFRI".
Dengan segala keunikan q,
dan cueX is number one..!

Categories

Archieves

%d bloggers like this: