//
you're reading...
Dunia Lain, IT, Kuliah, Perpustakaan, Undip

TEKNOLOGI INFORMASI*

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

  • Kata Teknologi Informasi berasal dari kata Information Technology.

  • Kata Technology berdasarkan Kamus Advanced Leaner’s Dictionary of Current English (1974) adalah penerapan pengetahuan secara sistematis pada tugas-tugas praktis dalam suatu industri.

  • Menurut Sulistyo-Basuki (1992:81) dinyatakan bahwa Teknologi dapat diartikan sebagai pelaksanaan ilmu, sinonim dengan ilmu terapan.Menurut Pendit (1992) Informasi adalah kumpulan data yang terstruktur, yang disampaikan seseorang kepada orang lain.

  • Pengertian Teknologi Informasi berdasarkan pengertian dari British Advisory Council for Applied Research and Development (Dalam Zorkoczy, 1990: 12). adalah : Bidang-bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan perekayasaan serta teknik-teknik pengelolaan yang digunakan dalam penanganan dan pengolahan informasi, penerapan bidang dan teknik tersebut, komputer dan interaksinya dengan manusia dan mesin, masalah sosial ekonomi serta budaya yang berkaitan.

  • Khusus di bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi Sulistyo-Basuki(1993) menyatakan bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan, mengolah, menghasilkan, dan menyebar- luaskan informasi.

FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI

FUNGSI UTAMA TEKNOLOGI INFORMASI

  • Mengatur informasi ‘Ing Griyo’ (In-house information), atu innformasi yang ada di dalam lembaga informasi tsb, serta mengusahakannya agar dapat ditemu balik.

  • Mengakses pangkalan data luar (ekstern), yaitu panngkalan data dari lembaga-2 lain, maupun belahan dunia lain.

    FUNGSI-FUNGSI LAIN:

  • Meringankan beban kerja,

  • Efisien dan menghemat waktu,

  • Meningkatkan jasa Perpusdokinfo dan fungsi-fungsi baru,

  • Membangun jaringan kerja dan kerjasama.

ALASAN UNTUK MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI

  • Untuk meningkatkan kegunaan (advantage)

  • Untuk mengembangkan produktivitas dan kinerja

  • Untuk memfasilitasi sarana baru untuk pengelolaan dan pengorganisasian

  • Untuk mengembangkan bisnis baru

THE MAIN CONSTITUENT OF I. T.

METODE-2 YANG DAPAT DIKEMBANGKAN MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI

  1. Media simpan optic

    Metode untuk merekam pengetahuan termasuk komputer dan perangkat lunaknya serta media simpan-optik. Dengan metode ini suatu pangkalan data lengkap memungkinkan pemakai menelusuri direktori, ensiklopedia, data statistic, dan keuangan.

  2. Metode menyimpan cantuman

    Metode menyimpan cantuman mengenai berbagai kegiatan termasuk perangkat keras komputer dan perangkat lunaknya seperti yang digunakan untuk merancang bangun, dan menciptakan serta menyunting cantuman dalam pangkalan data.

  3. Metode mengindeks dokumen dan informasi, termasuk teknik pembuatan indeks dengan komputer untuk memudahkan temu balik informasi dalam suatu pangkalan data dalam komputer.

  4. Metode mengkomunikasikan pengetahuan., antara lain: a) sistem pos elektronik, b) system transmisi faksimil, c) majalah elektronik, d) telekonferens atau yuang dikenal dengan nama trimitra,e) videokonferens dan f) jaringan komunikasi data, untuk mengkomunikasikan data dalam bentuk terbacakan mesin.

POHON TEKNOLOGI INFORMASI

Cakupan Teknologi informasi meliputi

  • Telekomunikasi. Contoh penerapannya yaitu : adanya Teleconference atau yang sekarang dikenal dengan nama Trimitra; Telkom Memo; Lacak, dll.

  • Komputer, termasuk mikrobentuk. Contohnya yaitu, perlindungan data, sistem pakar, komunikasi suara dengan bantuan komputer.

  • Jaringan digital, contohnya antara lain adanya surat elektronik, sistem informasi, jaringan informasi

  • Audio dan video, termasuk sistem komunikasi optik. Contoh : Video Conference, Video-teks ,dll.

Teknologi informasi mengalami kemajuan dalam dua arah:

  • Pengembangan produk, yaitu pengembangan perangkat sistem dan konsep konsepnya (gagasan, prosedur), dengan cakupan aplikasi di segala bidang yang mengharuskan manusia berhubungan dengan informasi, dilihat dari perangkat yang digunakan.

  • Aplikasi produk dan konsep tsb. pada sejumlah kegiatan tertentu, antara lain di bidang industri, keuangan dan perdangan, percetakan, militer, dan untuk pengelolaan pekerjaan di kantor.

Aplikasi teknologi informasi yang tercakup dalam ruang lingkup suatu sistem informasi

  • Library housekeeping ( Pengelolaan perpustakaan)

  • Information retrieval (Temu kembali informasi / Penelusuran Informasi)

  • General purpose software (Perangkat lunak untuk berbagai macam keperluan)

  • Library networking (Jaringan kerjasama perpustakaan )

–> Library Housekeeping

Library housekeeping atau pengelolaan perpustakaan, merupakan istilah umum yang mengacu pada berbagai macam kegiatan rutin yang perlu dilakukan agar supaya perpustakaan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dapat dilakukan dengan menggunakan sistem yang terpadu yang terdiri dari beberapa modul, yaitu akuisisi atau pengadaan, pengatalogan, sirkulasi, pengaksesan katalog oleh umum atau yang dikenal dengan nama OPAC (Online Public Akses Catalog), dan peminjaman antar perpustakaan. Sistem informasi yang terpadu di perpustakaan secara umum dikenal dengan nama Automasi Perpustakaan.

Pengertian Otomasi Perpustakaan

> Dari segi etimologi berasal dari bahasa Inggris yaitu Library Automation.

> Kata Automation di dalam Microcomputer dictionary berarti :1) Perubahan dari suatu proses atau prosedur secara otomatis;     2) Pelaksanaan proses dengan sarana-sarana otomatis

> Konsep Automasi berdasarkan Encyclopedia of Science and Technology, Vol.1, berarti penerapan mesin-mesin komputer pada penyimpanan, pemrosesan data-data bisnis, teknis, maupun ilmiah.

> Automasi perpustakaan berarti penggunaan komputer untuk semua kegiatan perpustakaan mulai dari pengadaan, pengolahan, sampai ke layanan sirkulasi, dalam suatu sistem yang terintegrasi.

JENIS-2 JARINGAN INFORMASI

> LAN adalah suatu jaringan komputer dengan daerah kerja relatif kecil, dalam satu lokal; dan

> Metropolitat Area Network (MAN ), dengan daerah kerja antara 30 sampai 50 km, yang merupakan alternatif pilihan untuk membangun jaringan komputer kantor-kantor dalam satu kota.

> WAN adalah jaringan komputer yang daerah kerjanya mencakup radius antar kota, antar pulau, dan bahkan antar benua.

* Ini adalah materi presentasi Kuliah TI Bu Ati Kamis 14 April 2011, semoga bermanfaat dan selamat menikmati..

About jejeffri..

Aku adalah orang kampung, yang petani kalau disawah, gelandangan kalau di jalan, pelancong kalau lagi bepergian, tapi dimanapun aku, aku tetep seorang pelajar. Yang mempelajari kerasnya hidup... e.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alamat Baru jejeffri

Jefri Eko Cahyono

Aku adalah aku.
Bukan dia, bukan juga kamu,
dan inilah aku, "JEFRI".
Dengan segala keunikan q,
dan cueX is number one..!

Categories

Archieves

%d bloggers like this: