//
you're reading...
Kuliah, Perpustakaan, Teens, Undip

Ngobras..!! – Ngobrol Santai “How to Optimize Our Library?”

Semua pasti tahu yang namanya perpustakaan, tapi belum semua orang mampu untuk memanfaatkan perpustakaan dengan optimal. Hal ini sepertinya berlaku juga untuk sebagian besar mahasiswa, ini tentunya sangat disayangkan. Padahal informasi yang ada di perpustakaan begitu banyak dan apabila dimanfaatkan dengan baik pasti akan sangat membantu perkembangan pengetahuan seluruh sivitas akademik. Hal itu tentu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Sebagai langkah awal dalam sosialisasi perpustakaan, Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa HMJ Ilmu Perpustakaan bekerjasama dengan UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro menyelenggarakan bimbingan pemustaka yang dikemas dalam Ngobras. Acara yang digelar 14 April 2011 mengambil tema “How to Optimize Our Library?”

Acara ini diisi oleh Dra. Ari Widjayanti, kepala UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro dan dibuka oleh Pembantu Dekan III Fakultas Ilmu Budaya, Drs. Mujid Farihul Amin, M.Pd. Dalam acara ini Dra. Ari Widjayanti tentunya tidak sendirian, beliau didampingi 8 staff perpustakaan. Turut hadir pula Pak Anggarjitono, Pak Pujo Winarno, Bu Yuven, dll. Acara ini dihadiri oleh sekitar 70 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya dan mereka juga cukup antusias mengikutu acara ini dan mendengarkan setiap pemaparan dari Bu Yanti.

Dalam materinya Bu Yanti memaparkan banyak hal tentang UPT Perpustakaan Undip. Beliau menjelaskan profil perpustakaan sacara detail sehingga peserta diharapkan akan lebih mengenal perpustakaanya dan tergerak untuk memanfaatkan koleksi-koleksinya. Dijelaskan pula bahwa UPT Perpustakaan undip juga mempunyai layanan e-journal dan e-book yang bisa diakses dengan mudah melalui www.digilib.undip.ac.id. Selain e-book dan e-journal, ada juga www.eprints.undip.ac.id yang memuat local content dari Universitas Diponegoro dan www.perpus.undip.ac.id yang merupakan katalog online UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro.

Tiba saatnya pada sesi tanya jawab dan acarapun semakin seru. Begitu diberi kesempatan untuk bertanya banyak peserta yang langsung mengacungkan tangan. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan, tetapi ada juga yang memberikan saran atau sekedar menceritakan pengalaman di perpustakaan.

Diharapkan melalui acara ini peserta Ngobras mampu merubah pandangan terhadap perpustakaan. Sekarang sudah tidak jamanya perpustakaan sebagai gudang buku, karena perpustakaan adalah GUDANG INFORMASI. Jadi pemustakalah yang harus menggali informasi yang tesimpan di perpustakaan untuk dimanfaatkan.

Baca, Cara Pintar untuk Pintar..!

[Perpustakaan Nasional]

         


About jejeffri..

Aku adalah orang kampung, yang petani kalau disawah, gelandangan kalau di jalan, pelancong kalau lagi bepergian, tapi dimanapun aku, aku tetep seorang pelajar. Yang mempelajari kerasnya hidup... e.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Alamat Baru jejeffri

Jefri Eko Cahyono

Aku adalah aku.
Bukan dia, bukan juga kamu,
dan inilah aku, "JEFRI".
Dengan segala keunikan q,
dan cueX is number one..!

Categories

Archieves

%d bloggers like this: